Perpaduan Keindahan Alam dengan Adat Budaya Jadikan Festival Danau Poso Masuk Agenda KEN 2024

Festival Danau Poso (FDP) merupakan festival tahunan yang memadukan elemen budaya dengan keindahan alam Kabupaten Poso.

Tahun ini, FDP diselenggarakan di Anjungan Festival Danau Poso, Kota Wisata Tentena, yang dimulai 11 hingga 13 Oktober.
Penyelenggaraan FDP tahun ini berfokus pada pelestarian tradisi Molimbu yang merupakan tradisi masyarakat untuk berkumpul dan makan bersama baik dalam keadaan suka maupun
duka. Untuk itu, Spirit of Molimbu diangkat menjadi tema FDP 2024.

Molimbu merupakan
tradisi masyarakat sebagai ungkapan syukur dengan makan bersama yang menanamkan nilai “Mombe Patowe” (saling menyayangi), “Mombe Patuwu” (saling menghidupkan), dan
“Mombe Tubunaka” (saling menghormati).

Selama kegiatan FDP berlangsung, pengunjung bisa menyaksikan pameran budaya, dan
pertunjukan musik lokal, teater tradisi, ragam budaya, parade seni dan budaya, serta tarian yang beragam di Sulawesi. Acara ini juga diramaikan dengan pameran UMKM. Expo UMKM
yang memamerkan produk khas Sulawesi Tengah seperti tenun ikat, kerajinan tangan, dan makanan olahan.

Bukan hanya sekadar ajang hiburan, FDP juga menjadi wadah sinergi untuk
memperkenalkan keindahan Danau Poso kepada masyarakat luas guna memperkuat
promosi wisata serta kebudayaan lokal Sulawesi Tengah. FDP diharapkan menjadi salah satu ikon promosi pariwisata Sulawesi Tengah, dengan berbagai upaya untuk menjadikannya trending di media sosial serta menarik minat wisatawan secara berkelanjutan.

Melalui FDP, Kabupaten Poso untuk kedua kalinya, masuk menjadi salah satu dari 110
Karisma Event Nusantara (KEN), program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui kegiatan (event) yang bertujuan
untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan
nusantara agar mengunjungi beragam destinasi wisata di Indonesia.

Tentang Karisma Event Nusantara 2024
Sebagai program strategis untuk mendukung dan mengembangkan events di seluruh Indonesia, Karisma Event Nusantara “KEN“ memiliki visi untuk menjadikan event sebagai
atraksi wisata unggulan di Indonesia. Salah satu strategi yang dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut adalah melalui kolaborasi Kemenparekraf/Baparekraf RI dengan daerah di dalam menyelenggarakan event yang berkualitas.

Karisma Event Nusantara 2024 Terdiri dari 110 events pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah dikurasi dari 38 provinsi di
Indonesia. Proses penilaian dilakukan berdasarkan pada lima (5) bidang yaitu: (1) adalah
aspek ide dan inovasi, (2) pemasaran dan strategi komunikasi, (3) aspek manajemen
kegiatan, (4) aspek manajemen keuangan serta (5) aspek analisis dampak.
Tentang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Didorong oleh visi untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi pariwisata kelas dunia,
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melakukan berbagai terobosan untuk terus menumbuhkan pariwisata dan industri kreatif di Indonesia.

Fokus dari strategi Kemenparekraf dalam pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yaitumengembangkan sektor pariwisata nasional dan pemasaran dengan berorientasi pada pasar internasional serta memperkuat kemampuan pelaku ekonomi kreatif dalam pengembangan produk ekonomi kreatif sehingga dapat berdaya saing tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *